Good Design or Bad Design

Apa yang terlintas dalam benak lo secara ga sadar ketika lo menilai sebuah aplikasi/produk itu bagus atau kurang bagus atau bahkan jelek. Secara intuitif pasti tiap orang punya taste beda-beda, faktor penting dalam konteks ini tentunya dikarenakan setiap orang punya past experience yang berbeda, dari kebutuhan, kepentingan, interest, dsb (mental model).
Di sini gw coba share terkait pandangan gimana cara untuk menentukan desain yang bagus atau jelek secara umum, perlu diketahui “belum tentu” aplikasi dengan visual yang bagus, pake warna-warna palet estetik ciamik, atau pake modern style itu adalah desain yang bagus. So, desain bagus itu setidaknya harus memenuhi 3 pilar berikut yang disebut “3 Legs of Stool”. Cekidot.

3 Legs of Stool

1. Useful (Bermanfaat)

Tentang bagaimana tentang sebuah aplikasi bisa memecahkan masalah, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kualitas hidup. Ketika suatu aplikasi bisa bermanfaat untuk user nya, berarti desain dari aplikasi itu baik/bagus.

2. Usable (Bisa dipake/dapat digunakan)

Seberapa mudah bagi user untuk menggunakannya? Apakah user dapat mencari tahu cara menggunakan aplikasi tanpa instruksi atau bantuan?

Aplikasi bagus yaitu yang user nya tidak perlu effort untuk mempelajari cara menggunakannya terlebih dahulu. Ketika user bisa mencapai tujuannya dengan suatu aplikasi dengan gampang (tidak kebingungan), berarti aplikasi tersebut usable (bagi user nya).

Ini dapat dicapai dengan menjaga hal-hal sederhana, tetapi juga memastikan bahwa tidak ada langkah atau fungsi yang tidak perlu dalam tampilan. Misalnya: Jika lo membangun aplikasi untuk memesan makanan, jangan biarkan user melewati beberapa layar hanya untuk menempatkan pesanan mereka! Sebaliknya, biarkan user memesan langsung dari mana saja seperti layanan Grab dengan GrabFood nya atau Gojek dengan GoFood nya ataupun Shopee dengan ShopeeFood nya sehingga user tidak perlu melakukan hal-hal ekstra lainnya yang harus dilakukan saat lapar setelah bekerja / sekolah / dll.

3. Desirable (Diinginkan)

Apakah suatu aplikasi membuat kita ingin menggunakannya dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya di pasar saat ini (atau bahkan lebih baik dari para kompetitor)? Product maker harus berusaha menciptakan aplikasi yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga memuaskan secara emosional bagi user nya. Ini berarti product maker harus menemukan cara membuat user merasa baik tentang menggunakan suatu aplikasi, baik melalui visual yang menarik atau emosi positif yang terkait dengan menggunakannya. Sehingga suatu aplikasi itu diinginkan oleh user nya.

Desain yang baik juga melibatkan menciptakan fitur unik yang membedakan suatu aplikasi/produk dengan yang lain nya dalam kategori yang sama (misalnya: iPhone vs Android).

to be continued…

5 thoughts on “Good Design or Bad Design”

  1. Seeing how much work you put into it was really impressive. But even though the phrasing is elegant and the layout inviting, it seems like you are having trouble with it. My belief is that you ought to try sending the following article. If you don’t protect this hike, I will definitely come back for more of the same.

  2. Wonderful beat I wish to apprentice while you amend your web site how could i subscribe for a blog web site The account aided me a acceptable deal I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0

Tunggu sebentar…

Scroll to Top